Rabu, 18 Oktober 2017

KONTROL KINETIK DAN KONTROL TERMODINAMIK



Reaksi kimia organik dapat ditinjau berdasarkan kontrol termodinamika yaitu berdasarkan energi bebas Gibbs (ΔG) yang menyatakan reaksi akan berlangsung spontan apabila ΔG < 0, serta mengutamakan kestabilan produk. Dan kontrol kinetika yaitu berdasarkan harga orde atau tingkat reaksi yang menentukan harga konstanta kecepatan reaksi (k) dan energi aktivasi (Ea) yang digunakan dalam penentuan laju/kecepatan reaksi. Reaksi akan semakin cepat apabila harga k semakin besar atau harga Ea semakin kecil.
Pada contoh berikut ini dijelaskan maksud dari pernyataan diatas :
Reaksi diatas memungkinkan terbentuk 2 produk yaitu produk B dan produk C. Energi bebas ΔGC < ΔGB sehingga produk C terbentuk lebih cepat yang dikatakan terkontrol secara kinetik (kinetically controlled). Namun, produk B lebih stabil daripada produk C.
Namun pada reaksi reversibel, saat reaksi telah mendekati kesetimbangan produk C yang mula-mula terbentuk akan kembali ke reaktan A, sementara produk B yang lebih stabil tidak berkurang banyak (kembali namun sedikit dikarekan kestabilannya). Maka dapat dikatakan bahwa produk B terkontrol secara termodinamik (thermodynamically controlled).
Pada suatu penelitian, hasil utama dari reaksi dehidrasi risinoleat adalah linoleat (LA = linoleic acid) dan linoleat terkonjugasi (CLA = conjugated linoleic acid). 
Disamping 2 produk utama diatas, reaksi samping juga dapat terjadi pada reaksi dimana pada hasil penelitian menunjukkan komposisi hasil reaksi dehidrasi risinoleat (DCO = dehidrated castor oil) adalah :

  • 9,90% LA dan CLA (C,C)
  • 23,23% LA dan CLA (C,Z) yang merupakan isomer paling esensial
  • 6,01% LA dan CLA (Z,Z)
  • 20,09% sisa risinoleat 
  • 16,16% senyawa 8,11-oktadekadienat (isomer linoleat)
Karena perubahan risinoleat tidak hanya menjadi LA dan CLA tapi juga senyawa 8,11-oktadekadienat sebanyak 16,16% maka perlu dilakukan kontrol pada reaksi tersebut. Hal ini dapat diproteksi atau diminimalisasi dengan menambahkan serbuk Zn sebagai antipolimerisasi alkena dan aliran gas nitrogen untuk mengusir oksigen sehingga mencegah oksidasi ikatan rangkap.
Penambahan serbuk Zn dan pengaliran gas nitrogen termasuk kedalam kontrol kinetik atau kontrol termodinamika? Mengapa?
Tolong bantu dijawab ya, terimakasih :):):)

Firdaus. 2009. Modul Pembelajaran Matakuliah Kimia Organik Fisis I. Makassar : Universitas Hasanuddin Press.
Sitorus, M. 2008. Kimia Organik Fisik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sitorus, M., S. Ibrahim., H. Nurdin dan D. Darwis. 2010. “Studi Kinetika Dehidrasi Risinoleat dari Minyak Jarak”. J. Ris. Kim. Vol 3 (2) : 139-144.

18 komentar:

  1. terima kasih atas materinya. menurut saya penambahan serbuk Zn sebagai katalis lebih kepada kontrol kinetik. karena penambahan katalis mempercepat laju reaksi, untuk kontrol kinetik produk yang dihasilkan berupa produk yang cepat terbentuk.

    BalasHapus
  2. Materi yang sangat menarik.
    Menurut saya penambahan Zn merupkan kontrol kinetik yaitu dengan mempercepat reaksi sedangkan pengaliran gas nitrogen adalah kontrol termodinamik agar didapat produk yang stabil.

    BalasHapus
  3. Hai Kurnia :)
    Terimakasih atas informasinya mengenai kontrol kinetik dan termodinamika. Disini saya ingin menjawab permasalahan yang Anda ajukan. Menurut saya, berdasarkan penjelasan materi yang Anda berikan penambahan serbuk Zn lebih kepada kontrol kinetik karena peranannya sebagai katalis yang mempercepat laju reaksi.
    Sedangkan, pengaliran gas nitrogen lebih kepada kontrol termodinamika karena tujuannya adalah untuk mendapatkan produk yang lebih stabil.
    Terimakasih. Semoga membantu :)

    BalasHapus
  4. Materi yang anda sampaikan menarik dan semoga dapat bermanfaat untuk kita:)
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang anda ajukan, dimana penambahan serbuk Zn tersebut digunakan sebagai katalis yang dapat mempercepat laju reaksi sehingga lebih ke pada kontrol kinetika. Sedangkan pengaliran gas nitrogen digunakan untuk terjadi kesetimbangan dengan produk yang lebih stabil. Hal ini lebih ke kontrol termodinamikanya

    BalasHapus
  5. Materi yang anda sampaikan menarik dan semoga dapat bermanfaat untuk kita:)
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang anda ajukan, dimana penambahan serbuk Zn tersebut digunakan sebagai katalis yang dapat mempercepat laju reaksi sehingga lebih ke pada kontrol kinetika. Sedangkan pengaliran gas nitrogen digunakan untuk terjadi kesetimbangan dengan produk yang lebih stabil. Hal ini lebih ke kontrol termodinamikanya

    BalasHapus
  6. n my opinion, Zn addition is a kinetically control because zn role here is as a catalyst, we know that catalyst in addition will decrease the activation energy. Low activation energy is the characteristic of reaction being kinetically controled

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya sangat bermanfaat, menurut saya penambahan Zn sebagai katalis dapat mempercepat laju reaksi, sehingga reaksi akan berlangsung dengan cepat. Oleh karena itu, penambahan Zn dapat dikategorikan dalam kontrol kinetik. Sedangkan pengaliran gas nitrogen untuk memperoleh produk yang lebih stabil, sehingga dapat dikategorikan sebagai kontrol termodinamik.
    Thanks

    BalasHapus
  8. infonya sangat bermanfaat, zn merupakan katalis untuk mempercepat reaksi sehingga dikatakan kontrol kinetika, sedangkan gas nitrogen merupakan kontrol termodinamika karena produk yang dihasilkan lebih stabil

    BalasHapus
  9. Menurut saya pemberian Zn sebagai kontrol kinetika untuk mempercepat laju reaksi dengan menurunkan energi aktivasi sementara gas nitrogen sebagai kontrol termodinamika karena dengan penambahannya membuat produk yang dihasilkan stabil

    BalasHapus
  10. Baiklah
    Terimakasih atas jawaban yanh rekan dan kakak sampaikan
    Jawaban nya sangat membantu saya dalam memahami fungsi reagen sebagai kontrol

    Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua :)☺☺

    BalasHapus
  11. menurut saya,penambahan serbuk Zn berperan sebagai katalis yang akan mempercepat laju reaksi yang termasuk dalam kontrol kinetik sedangkan gas nitrogen sebagai kontrol termodinamik yang akan menghasilkan produk yang stabil

    BalasHapus
  12. materi yang menarik:)
    saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda dimana menurut saya penambahan serbuk Zn termasuk kedalam kontrol kinetik. hal ini dikarenakan peran Zn adalah sebagai katalis yang akan mempercepat laju reaksi, sehingga hasil yang didapatkan berupa produk yang cepat terbentuk.
    untuk pengaliran gas nitrogen tergolong kepada kontrol termodinamika karena pada hasil akhir akan menghasilkan produk yang stabil.
    maaf jika jawaban saya kurang tepat

    BalasHapus
  13. terimakasih atas penjelasan materinya,
    serbuk Zn yang ditambahkan kepada suatu reaksi akan membantu pembentukan produk yang lebih cepat dimana fungsinya sebagai agent katalis yang menyebabkan reaksi tersebut berada di bawah kendali kinetik
    sedangkan pengaliran gas nitrogen, menyebabkan reaksi yang terjadi dapat menghasilkan produk yang lebih setabil maka dapat dikatakan bahwa penambahan gas nitrogen menyebabkan reaksi berada di bawah kendali termodinamik

    BalasHapus
  14. terimakasih atas pemaparan materi yang sangat bermanfaat , menurut saya zn itu sebagai katalis yang mana mempercepat laju reaksi nya dan tergolong kedalam kontrol kinetik dan pada pengaliran gas hidrogen termasuk ke dala m kontrol termodinamik karena membuat hasil produk lebih stabil, terimakasih .

    BalasHapus
  15. Sudah baca-baca jurnal terkait. Itu membingungkan.
    Berdasarkan keterangan dari penulis, penambahan Zn adalah untuk meminimalkan terbentunya hasil samping. Dengan kata lain mempertahankan produk yang lebih awal terbentuk (kontrol kinetik dan kontrol termodinamik), sedangkan aliran gas nitrogen untuk mempertahankan material target dari mengalami oksidasi (menjaga kestabilan), sehingga termasuk kontrol termodinamik.

    CMIIW
    Semoga itu benar. :-D

    BalasHapus
  16. terimakasi atas meteri yang diberikan
    saya akan mencoba pertannya yang diberikan
    serbuk Zn berfungsi dalam kontrol kinetika, dimana Zn akan mempercepat laju reaksi dan pengaliran gas nintrogen berpengaruh pada termodinamika dimana ini akan menghasilkan produk yang stabil

    BalasHapus
  17. Terimakasih untuk semua jawaban yang sudah sangat membantu saya
    semoga ilmunya bermanfaat :)

    BalasHapus
  18. Terimakasih untuk materinya.
    Menurut saya penambahan Zn mengarah ke kontrol kinetik dimana Zn berperan sbg katalis yg mmpercepat rx
    Sedangan pengaliran gas nitrogen mengarah ke kontrol termodinamik, dg tujuan memperoleh produk yg stabil

    BalasHapus

 

my Organic Chemistry diary... Template by Ipietoon Cute Blog Design